Jumat, 24 Februari 2017


TUGAS AKHIR MATA KULIAH LINGKUNGAN BISNIS
SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2016/2017




KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
KEMUDAHAN MEMPROMOSIKAN BISNIS DENGAN KONSEP SEO LOKAL





Nama : Tazkiyatun Nupus
NIM : 16.01.3870
Kelas : D3TI04
KELOMPOK C

UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA
YOGYAKARTA




ABSTRAK

Dalam bisnis online, konsep Search Engine Optimization alias SEO merupakan konsep yang harus dipahami oleh semua pemilik bisnis. Agar sebuah bisnis online bisa sukses, trafik atau kunjungan orang ke website tersebut harus tinggi. Konsep SEO diterapkan untuk meningkatkan trafik lewat kunjungan ke website, yang diperoleh lewat posisi atau ranking tinggi di halaman hasil pencarian Google, Yahoo Search dan Bing (semakin tinggi peringkat, semakin tinggi kemungkinan halaman diklik). Hal ini akan membantu pemilik bisnis menghadapi persaingan di dunia bisnis online.

Akan tetapi, hal ini tidak semudah kedengarannya. Konsep SEO memang sesuatu yang bisa dipelajari, namun pebisnis online biasanya memiliki banyak saingan sehingga tidak akan mudah untuk langsung mendapat posisi teratas di mesin pencari, apalagi jika produk bisnisnya termasuk laris atau banyak pesaingnya seperti bisnis restoran, menjual software, menjual produk e-book bisnis dan sebagainya. Jika Anda baru mulai mengembangkan bisnis atau bahkan baru mulai, kemungkinan Anda akan kalah saing. Satu-satunya jalan adalah dengan membuat website Anda lebih terfokus, di antaranya dengan mengutamakan konsep SEO lokal.




PEMBAHASAN

Definisi SEO (terjemahan dari bahasa Inggris)



“Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.”

Istilah dengan kata-kata kita sendiri, Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization/SEO adalah :
“melakukan proses berupa aktifitas tertentu terhadap situs web atau halaman web Anda agar ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web atau halaman web kita itu, situs web atau halaman Anda tersebut ditampilkan di halaman 1 daftar hasil pencarian alami/tak-berbayar/non-iklan/organik”.

SEO Lokal untuk Trafik lebih Terpusat

Salah satu masalah yang sering menimpa para pebisnis online adalah trafik tinggi belum tentu mencerminkan website bisnis yang sukses. Pasalnya, trafik tersebut bisa jadi datang dari orang yang tanpa sengaja masuk ke website tersebut dan tidak berminat sama sekali dengan produk atau jasa yang ditawarkan, atau mungkin trafik yang sumbernya dari alamat IP yang sama. Akibatnya, walau nampaknya trafik Anda tinggi, sebagian besar mungkin hanya pengunjung sambil lalu yang sebearnya tidak tertarik dengan bisnis Anda. 

Menerapkan SEO lokal mungkin bisa menjadi jawabannya. SEO lokal berarti memusatkan optimasi mesin pencari website pada pasar lokal, dengan demikian memastikan bahwa orang yang mengunjungi website Anda benar-benar mereka yang paling tidak merasa tertarik pada apa yang Anda tawarkan, atau karena website Anda mengandung kata kunci yang sesuai dengan apa yang mereka cari. Dalam SEO, semakin spesifik kategori hal yang dicari, semakin spesifik pula pengunjung yang datang, dan dengan demikian meningkatkan kemungkinan mendapat untung. 

Hal ini sangat berguna jika Anda menerapkan ilmu content marketing, yaitu usaha menarik pelanggan lewat konten website yang menarik dan informatif namun masih berkaitan dengan produk yang sebenarnya dijual, dengan kata lain menerapkan metode soft selling. Dengan memanfaatkan konsep SEO lokal sekaligus konten menarik yang menuruti kaidah SEO, website akan lebih mudah menarik pengunjung yang memang berkepentingan dengan isi website dan produk yang dipasarkan.



Cara Mengembangkan Bisnis lewat SEO Lokal

Ada banyak cara untuk mengembangkan bisnis lewat SEO lokal, dimana Anda akan lebih menekankan pada kata kunci spesifik khusus yang paling bisa menggambarkan bisnis Anda, serta sasaran pemasaran yang paling sesuai agar kemungkinan mendapat profit semakin besar. Inti dari SEO lokal adalah :
  • Mencari dan mengaplikasikan kata kunci paling spesifik dan khusus yang unik serta menggambarkan bisnis Anda, namun di saat yang bersamaan juga mudah ditemukan oleh calon pelanggan potensial. 
  • Menerapkan konten website yang bukan hanya berkualitas, namun juga menawarkan daya tarik untuk pengunjung spesifik yang memiliki ketertaikan dengan bisnis atau produk yang dijalankan lewat website tersebut. Ini berarti potensi profit semakin tinggi. 
  • Meningkatkan posisi website di halaman pertama atau setidaknya puncak hasil pencarian, terutama lewat Google Search. 
  • Memastikan agar website mencapai sasaran pemasaran yang sesungguhnya, yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan.
  • Memastikan agar langkah-langkah mobile SEO dilakukan secara maksimal; pengguna ponsel adalah target cukup besar untuk berbagai jenis usaha karena mereka sering melihat website, email, memesan tiket, memesan acara wisata, membeli barang dan sebagainya.
Akhirnya, dalam mengembangkan bisnis lewat SEO, harus diingat bahwa cara-cara ‘lama’ yang licik tak lagi berlaku. Saat ini, Google sedang mengetatkan sistem algoritmanya sehingga teknik curang (disebut juga black SEO) mulai berkurang. Jadi, Anda tidak bisa lagi bergantung pada taktik seperti cloaking atau memasang banyak jebakan link di deskripsi produk. Anda harus menggunakan taktik yang dirancang sendiri, konten website original dan kata kunci yang relevan.

REFERENSI :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar