Selasa, 21 Februari 2017

TUGAS AKHIR MATA KULIAH LINGKUNGAN BISNIS
SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2016/2017
UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA



KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
FREELANCE WRITER







Disusun Oleh :
Nama : Tazkiyatun Nupus
NIM : 16.01.3870
Kelas : D3TI04

KELOMPOK C



UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA








ABSTRAK


Internet, sebagaimana kita ketahui merupakan media yang sangat potensial untuk ditekuni sebagai alat penulang uang. Jika dipersempit lagi, internet menyediakan banyak sekali layanan yang dapat mendukung proses menghasilkan uang secara online. Salah satu model bisnis online yang bisa dijalankan dengan modal sedikit atau bahkan tanpa modal sekalipun, hanya perlu kreatifitas yaitu menulis. Namun agaknya tidak semua orang yakin atas kreatifitas yang dimilikinya. Jangan menyerah, setidaknya Anda dapat membuatnya sedikit berbeda dan unik. Seperti kalimat yang saya kutip dari buku milik salah seorang dosen di Universitas AMIKOM Yogyakarta, beliau adalah Prof. Dr. M. Suyanto yang berjudul Everyone Can Become a Successful Entrepreneur yang berbunyi “Memanglah agar kita dapat dikenal, kita harus menciptakan strategi yang berbeda, yang dirasa unik oleh pelanggan kita.” Maka memanglah selalu ada jalan jika kita mau berusaha.

Seperti yang kita ketahui saat ini banyak sekali situs blog yang bertebaran di Internet. Mungkin dalam pemikiran Anda pemilik blog adalah sekaligus pengelola segala aktivitas dalam blog tersebut. Hal ini tidak juga dapat dikatakan benar. Karena ada pula beberapa blogger yang menggunakan jasa freelance writer untuk mengisi blog mereka. Mengapa demikian? Ada berbagai macam alasan, diantaranya sang blogger yang tidak memiliki banyak waktu untuk menulis, kekurangan ide, atau bahkan memang tidak memiliki kemampuan untuk menulis. Nah, disinilah peluang besar yang dapat dimanfaatkan untuk berbisnis bagi Anda yang gemar menulis.




PEMBAHASAN

Sebenarnya Apa sih Freelance Writer Itu?

Sebelum kita membahas secara mendalam apa itu freelance writing, mari kita sejenak mengenal apa itu freelance. Sedikit info saja buat Anda, kata freelance berasal dari istilah yang tenar di abad pertengahan. Saat itu beberapa kesatria memilih bekerja tidak hanya pada satu raja saja. Tapi mereka bekerja pada siapa saja yang bersedia membayar mereka. Mereka akan loyal dan berjuang mati-matian jika pundi-pundi uangnya diisi.

Istilah untuk menyebut pekerjaan kesatria ini disebut dengan “free lance” ataufreelance untuk istilah yang lebih modern. Di Jepang, istilah freelance dikenal dengan baito, di beberapa negara Barat dikenal juga dengan part-time job,atau pekerjaan paruh waktu.

Jadi, secara sederhana kita bisa mengartikan freelance writing sebagai bentuk pekerjaan menulis lepas, yaitu yang tidak terikat pada satu klien saja. Kita dibayar oleh klien untuk menuliskan sesuatu yang dia tentukan. Jika pekerjaan itu selesai, kita bisa mendapatkan uang sesuai dengan kesepakatan, lalu bisa mencari klien lain yang membutuhkan.



Seperti Apa Konsep Freelance Writer?

Freelance Writer adalah pekerjaan menulis profesional yang bisa dilakukan siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Kita tidak terikat kontrak dengan perusahaan atau klien tertentu. Berbeda dengan pekerjaan normal lain yang mewajibkan kita ngantor. Pekerjaan ini bisa kita kerjakan meski sudah memiliki pekerjaan tetap lainnya. Beberapa orang menganggapnya sebagai ceperanatau tambahan uang.

Klien yang akan memberikan pekerjaan juga sangat beragam. Jika kita sudah selesai mengerjakan satu pekerjaan, maka kita bisa beralih ke klien yang lain. Begitu seterusnya, hingga secara tidak langsung kita bisa membangun kepercayaan. Semakin sering melakukan freelance writing, maka semakin banyak pula pekerjaan yang datang. Tapi dengan satu catatan, pekerjaannya Anda lakukan dengan baik.

Itulah mengapa pekerjaan ini tetap harus dikerjakan secara profesional. Meski kita tidak ada kontrak dengan perusahaan, tapi pekerjaan ini mulai menjanjikan. Beberapa orang bahkan mengatakan bahwa mereka mendapatkan fee yang lebih baik dari pekerjaan ini daripada dari gaji kantor. Bukan tidak mungkin dengan freelance writing kita bisa menggandakan pemasukan bulanan di era yang serba mahal ini.


Apa Kriteria Jasa Penulisan Artikel?

Jasa ini kerapkali disebut content writer, yang menawarkan jasa pembuatan artikel sebagai bahan utama menerbitkan tulisan ke dalam blog. Modal utama untuk menjadi penulis konten blog sebenarnya sederhana. Adalah gaya bahasa, usahakan untuk menjadi penulis dengan gaya bahasa yang berbeda dengan penulis lain.

Selebihnya, sebagai content writer adalah opsional dan direkomendasikan apabila ia memahami ilmu SEO on page. Ini digunakan untuk mengoptimalkan artikel di dalam blog sebagai pondasi utama dalam SEO. Pun, jika penulis konten menawarkan opsi ini, maka tidak menutup kemungkinan ada kenaikan tarif jasa.

Sebagai informasi tambahan, biasanya para penulis konten memberikan semacam portofolio atau yang kerap disebut Field Report (FR) atau contoh artikel. Ini sangat memegang peranan penting untuk meyakinkan calon pembeli yang ingin memesan jasa. Cukup satu contoh artikel bisa disodorkan ke seluruh calon pembeli yang berminat melihat kualitas artikel hasil karya Anda.

Lalu, bagaimana agar jasa penulisan artikel bisa berjalan lancar dan banyak order? Kunci utamanya adalah promosi. Promosi ini dapat Anda lakukan dengan berbagai media. Misalnya, Anda dapat menawarkan jasa penulisan artikel di jejaring sosial dengan menerbitkan status Facebook, Tweet, Google+ dan sebagainya. Media lain yang bisa dipergunakan untuk berpromosi dapat Anda simak di artikel cara promosi di internet.


Jenis-Jenis Penulis Freelance yang Menghasilkan

Kita telah memasuki era digital saat segala hal mulai dilakukan di internet. Mulai dari promosi barang, branding diri atau pekerjaan, hingga melakukan interaksi sosial. Beberapa peluang pekerjaan akhirnya tercipta dan membutuhkan penulis freelance untuk melakukan penulis freelance. Jika Anda ingin memulai karier di dunia ini, coba perhatian spot mana saja yang bisa Anda ambil dalam dunia penulis freelance: 
  • Menulis artikel di koran, blog (SEO), atau majalah digital. Jika kemampuan bahasa Inggris Anda mumpuni, coba bekerja di web luar negeri. Bayarannya sekitar $50-100 per posting. 
  • Menerjemahkan buku atau dokumen. 
  • Mereview buku, produk, tempat wisata, hingga hotel. 
  • Branding produk atau perusahaan. 

Jenis-Jenis Tulisan dan Pasar bagi Penulis Freelance, dan Hasilkan Banyak Uang!

Penulis freelance bisa menjadi pekerjaan yang cukup menjanjikan jika ditekuni. Beruntung bagi kamu yang berniat mendalami bidang ini, pilihan yang ada begitu luas. Secara garis besar, berikut adalah jenis-jenis tulisan dan pasar yang bisa kamu jajaki sebagai penulis freelance:
  • Jurnalistik
Jenis ini meliputi tulisan-tulisan mengenai peristiwa, yang dibuat dengan tujuan agar banyak orang yang tahu, baik dengan atau tanpa pendapat pribadi penulis. Diperlukan ketepatan informasi, keterangan dari orang-orang terkait, dan kecepatan dalam membuat berita agar berita masih ‘hangat’ ketika diterima oleh pembaca.

Tulisan seperti ini cocok untuk kamu yang memiliki ketertarikan pada lingkungan sosial, memiliki pergaulan yang luas, serta rasa ingin tahu yang tinggi. Kamu bisa menjadi wartawan freelance bagi media berita onlinemaupun offline, bekerja untuk program acara berita pada stasiun televisi sebagai kontributor berita, atau penulis skrip dari berita yang dikumpulkan oleh wartawan. Bidangnya sangat luas dan bisa disesuaikan dengan minatmu. Misalnya politik, ekonomi, olahraga, selebriti, dan lain sebagainya.

  • Review
Definisinya adalah tulisan yang berisi ulasan atau pengalaman penulis mengenai sesuatu, baik itu perusahaan, produk, tempat, atau pelayanan. Isi tulisan harus jujur dan detail. Sesuai untuk kamu yang gemar membuat tulisan mengenai hobi dan hal-hal yang kamu sukai.

Contohnya, jika kamu punya minat pada dunia kecantikan, kamu bisa menulis mengenai produk-produk kosmetik. Kalau kamu suka teknologi, kamu bisa mengulas tentang gadget–gadget terbaru. Jika kamu hobi jalan-jalan, kamu dapat menuliskan kesan-kesanmu mengenai tempat yang pernah kamu kunjungi.

Tulisan jenis ini bisa dimasukkan ke media cetak atau elektronik dengan tema yang sesuai, serta blog pribadi yang dipasangi iklan. Beberapa perusahaan biasanya meminta Anda melakukan review terhadap produk mereka. Bisa berupa produk fashion, makanan, hingga hotel. Biasanya Anda akan diberisample produk dan diminta menuliskannya di blog. Tentu dengan bayaran yang sesuai. Biasanya bayaran akan ditransfer setelah tulisan yang Anda buat tayang.

Anda juga bisa diajak kerja sama dengan perusahaan penerbitan. Mereka akan meminta Anda melakukan review terhadap buku dan menjadi host giveaway. Biasanya ada bayaran khusus bagi Anda setelah melakukan pekerjaan ini. Mendalami hobi, menambah pengalaman, berbagi informasi bermanfaat pada orang lain, sekaligus mendapat uang. Menyenangkan sekali, bukan?
  • Copywriting
Yaitu tulisan yang bertujuan sebagai iklan atau mempromosikan sesuatu, bisa secara eksplisit maupun implisit. Berbeda dengan jenis review yang hanya berisi penjelasan, tulisan jenis ini harus menarik perhatian, membuat pembaca tertarik pada sesuatu yang dipasarkan sehingga melakukan tidakan. Tidak hanya menulis mengenai sebuah produk saja, tetapi dapat berupa servis, tokoh, ide, dan lain-lain.

Tulisan jenis ini cukup banyak dilakukan oleh penulis freelance. Umpamanya membuat naskah iklan offline atau online, membuat tulisan pada brosur atau selebaran, mengisi artikel pada website perusahaan, dan lain-lain.
  • Creative Writing
Jenis tulisan ini adalah tulisan yang memerlukan imajinasi dan kreativitas tinggi. Isinya untuk bercerita pada orang lain. Bisa berupa fiksi atau nonfiksi. Contohnya puisi, cerita pendek, biografi, naskah film, tulisan pada kartu ucapan, dan novel. Aliran tulisan ini begitu beragam. Misalnya komedi, drama, sejarah, fantasi, dongeng, dan misteri.

Kalau kamu aktif menulis tulisan seperti ini, kamu dapat bekerja freelancepada majalah, koran, perusahaan marketing, penerbit, stasiun televisi, dan lain-lain. Berkutat dengan karya jenis ini akan meningkatkan keahlianmu berfantasi dan memainkan kata-kata.
  • Academic Writing
Jenis tulisan ini membutuhkan pemahaman dalam bidang tertentu, baik tulisan untuk menyelesaikan pendidikan jenjang tertentu atau bukan. Jenis ini sesuai untuk kamu yang memiliki keahlian dalam bidang ilmu yang spesifik.

Saat ini, banyak pelajar yang minta dibuatkan tugas oleh penulis freelancedengan bayaran tertentu. Memang mendapatkan uang dari pekerjaan seperti itu bukanlah hal yang ilegal, namun menyalahi etika. Masih banyak pekerjaan di jenis tulisan ini yang tidak menyalahi norma. Contohnya membuat esai, tutorial, panduan, materi pelajaran, dan soal-soal kuis. Pasarnya adalah penerbit, majalah edukasi, media pendidikan, dan lain sebagainya.


Apa Saja Pekerjaan Yang Cocok Untuk Freelance Writer?

  • Penerjemah Bahasa Asing
Jika Anda sangat pandai dengan bahasa asing, misalnya Bahasa Inggris atau Bahasa Jepang, cobalah buka jasa menerjemahkan. Banyak sekali orang yang membutuhkan jasa ini. Sebut saja calon klien yang merupakan perusahaan besar. Biasanya mereka membutuhkan jasa kita untuk menerjemahkan dokumen dengan cepat dan kadang banyak. Dengan mengerjakan pekerjaan ini, Anda akan cepat menghasilkan pundi-pundi uang.

Kedua adalah mahasiswa yang kebingungan dengan bahan saduran. Tidak semuanya bisa berbahasa asing. Artinya Anda bisa mengambil celah ini untuk menerjemahkan kebutuhan mereka. Sedikit demi sedikit Anda akan mulai dikenal hingga klien datang sendiri meski Anda tidak mencarinya.

  • Menulis Artikel di Blog
Pekerjaan ini sangat mudah dicari. Di era yang serba digital ini, banyak orang membutuhkan jasa menulis untuk blog, majalah digital, hingga koran. Anda bisa menulis sesuai dengan pesanan klien. Biasanya mereka akan memberikan kata kunci atau keyword dan menyuruh kita untuk mengembangkannya.

Jika Anda sudah sangat berpengalaman dalam bidang ini, calon klien biasanya akan datang sendiri. Membawa proyek yang banyak untuk diselesaikan dalam tenggat waktu tertentu. Biasanya seminggu atau sebulan sesuai dengan pesanan. Anda harus menjaga kualitas tulisan meski hanya sebuah artikel di blog.

  • Menulis Buku Sesuai Pesanan
Istilah kerennya adalah ghost writer. Anda akan diberi tema atau bahkan kerangka buku yang diinginkan klien. Tugas Anda adalah mengembangkan buku ini hingga menjadi kesatuan yang utuh. Jika buku ini jadi, Anda baru dibayar sesuai dengan kesepakatan. Perkerjaan seperti ini mulai banyak bermunculan di Indonesia jika Anda jeli.

Buku yang Anda tulis nantinya akan menggunakan nama orang lain. Meski demikian, terkadang Anda juga tetap mendapatkan komisi jika bukunya laris. Lebih baik membuat kesepakatan-kesepakatan sebelum Anda menulis buku.

  • Melakukan Branding Startup
Perusahaan baru biasanya membutuhkan jasa branding yang baik. Mereka akan mencari penulis yang mampu membuatkan branding bagi mereka. Bisa berupa artikel-artikel hingga produk yang mereka buat. Perusahaan baru atau startup ini akan membayar Anda dengan harga yang cukup lumayan.

Pekerjaan branding biasanya dilakukan berkelompok. Kumpulan orang ini akan berusaha menuliskan segala hal secara rinci terkait perusahaan agar dikenal masyarakat luas. Pekerjaan ini cukup menyita waktu meski hasilnya lumayan untuk ukuran freelancer.


Referensi :

http://tulisbaca.com/jasa-penulis-artikel-hasilkan-uang/
http://www.ruangfreelance.com/apa-itu-penulis-freelance/
https://www.dewaweb.com/so-anda-ingin-jadi-online-freelance-writer/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar