Jumat, 24 Februari 2017

TUGAS AKHIR MATA KULIAH LINGKUNGAN BISNIS
SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2016/2017
UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA



KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
LAYANANAN HOSTING





Nama : Tazkiyatun Nupus
NIM : 16.01.3870
Kelas : D3TI04

KELOMPOK C



UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA








ABSTRAK

Hosting adalah tempat atau jasa internet untuk membuat halaman website yang telah Anda buat menjadi online dan bisa diakses oleh orang lain. Sedangkan hosting itu sendiri adalah : jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS.

Jika Anda membuat suatu website, entah itu untuk pribadi, keperluan bisnis atau untuk mengkampanyekan suatu program, Anda perlu memilih hosting yang handal dan berkualitas. Hosting di sini merupakan platform website berbayar yang memberi Anda akses ke domain pribadi sekaligus berbagai fitur berguna yang bisa bermanfaat untuk aktifitas Anda dengan internet. Memilih hosting sangat penting karena Anda biasanya tergantung pada website untuk memasarkan bisnis, menjaring pelanggan serta memeroleh pemasukan, apalagi jika bisnis Anda merupakan bisnis online 100% sehingga hosting harus stabil dan handal.

Anda melakukan banyak hal dengan jasa hosting; Anda memiliki website untuk berbisnis, sarana promosi, berinteraksi dengan pelanggan, serta berkomunikasi dengan email. Jika hosting Anda tidak stabil atau sering bermasalah, bayangkan betapa banyak kerugian yang akan Anda alami karena tidak ada pembelian, konsumen mengeluh, tidak ada pemasukan, dan sebagainya. Memilih hosting yang baik sangat penting, terutama jika Anda membidik pasar nasional dan internasional atau telah memiliki jaringan pelanggan yang besar.



PEMBAHASAN

Mengapa Blogger Memerlukan Hosting?

Yap, sebagai seorang blogger tentunya secara Anda sadari atau tidak, pasti membutuhkan tempat mempublikasikan tulisan Anda ke dunia internet. Contohnya jika Anda mempunyai blog di WordPress.com, Blogger.com, Multiply.com, DagDigDug.com, dan jasa blog lainnya, otomatis Anda telah memakai jasa hosting yang mereka sediakan. Tapi jika Anda memilih untuk self-hosted seperti Bloggingly ini, maka tentunya Anda harus memiliki sewa hosting sendiri.

Memilih Jasa Web Hosting yang Baik

Ketika Anda memutuskan untuk memiliki blog atau website yang hosting sendiri, maka Anda harus bisa memilih-milih jasa web hosting yang baik. Yang harus Anda perhatikan ketika memilih hosting untuk blog atau website Anda adalah :

  1. Kebutuhan Anda terhadap space dan bandwidth. Semakin banyak tulisan Anda, maka semakin besar space yang akan dibutuhkan. Semakin banyak pengunjung blog Anda maka semakin besar bandwidth yang dibutuhkan agar tidak terjadi server full load 
  2. Perhatikan layanan dan fitur dari tempat Anda akan menghostingkan blog atau website Anda. Bisa mencakup software apa saja yang ada di hostingnya serta support dari jasa hostingnya. 
  3. Target pembaca. Jika Anda memilih target pembaca dari dalam negeri ada baiknya menggunakan server lokal saja agar lebih menghemat bandwidth. Tetapi jika Anda memilih target yang glogal, maka tak ada salahnya anda memilih server luar negeri seperti di Amerika. Tapi keadaan ini tidaklah mutlak. 
  4. Harga yang pas. Konsultasikan kepada mereka yang lebih paham tentang kebutuhan hosting Anda agar jasa yang anda sewa sesuai dengan uang yang akan Anda keluarkan. 

Cara Menyewa Web Hosting

  1. Untuk menyewa jasa hosting Anda perlu mengetahui hosting mana saja yang tersedia di tempat Anda atau setidaknya di Indonesia. 
  2. Kemudian Anda klik bagian pesan/ registrasi dari setiap halaman utama jasa hosting tersebut.
  3. Ikuti saja langkah yang di instruksikan seperti memilih nama domain, cek ketersediaan nama domain yang Anda inginkan, dan selesaikan pembayarannya. 
  4. Jika hosting Anda sudah online biasanya Anda akan mendapat email dari penyedia jasa atau chat saja officer yang sedang online di homepagenya. 

Memilih Layanan Hosting Terbaik

Tergantung dimana Anda berada dan apa kebutuhan utama bisnis Anda, jenis hosting yang dipilih bisa berbeda-beda. Ada banyak macam hosting website termasuk yang sangat mahal atau murah, tetapi jangan sampai terkecoh dengan harga murah. Pastikan Anda melihat aspek-aspek penting lainnya saat memilih jasa hosting website. Berikut adalah beberapa aspek layanan penting yang harus diperhatikan dari sebuah jasa hosting sebelum Anda memilihnya :

  • Dimana Lokasi Servernya?

Lokasi server jasa hosting menentukan seberapa cepat orang bisa mengakses situs Anda, dan siapa saja yang bisa mengaksesnya. Jika Anda punya bisnis di Indonesia dengan sasaran konsumen yang sebagian besar orang Indonesia, ada baiknya memilih hosting yang lokasi servernya juga di Indonesia. Akan tetapi, terkadang ada juga jasa hosting Indonesia yang servernya ada di Amerika, jadi tanyakan dulu untuk memastikannya.

  • Apa Jenis Layanan Konsumennya?

Biasanya, website jasa memberikan kontak lewat email, tetapi untuk jasa server, ada baiknya mereka punya kontak yang bukan email, misalnya nomor telepon. Hal ini tentu saja untuk mengatasi kemungkinan jika email atau internet sedang mengalami gangguan. Pastikan juga Anda melihat berapa lama layanannya; jika Anda menggunakan website untuk bisnis di jam dan hari bisnis biasa, maka layanan konsumen yang hanya selama hari bisnis (Senin-Jumat) tak masalah. Akan tetapi, untuk bisnis online yang melayani penjualan selama 24 jam, ada baiknya memilih layanan konsumen yang juga 24/7. 

  • Seberapa Cepat Layanan Server untuk Loading Website?

Banyak hosting murah yang servernya terhitung sudah penuh sesak, sehingga website Anda bisa sangat lambat untuk diakses kadang-kadang. Hal ini bisa menyusahkan jika website Anda memiliki berbagai fitur yang memerlukan server berkecepatan tinggi untuk menjalankannya. Pastikan Anda tidak menukar harga murah dengan kecepatan server. Jika Anda tergantung 100 persen terhadap website, pilih yang memiliki jasa private hosting. Yang paling penting, pastikan supaya jasa hosting tersebut memiliki rencana backup data seandainya ada masalah dengan server dan jaringannya, supaya website Anda tetap selamat.


Harga Hosting VS Kualitas

Logikanya, semakin murah sebuah jasa hosting, semakin rendah kualitasnya karena pengguna servernya pasti sudah banyak sehingga penuh sesak. Akan tetapi, kasusnya tidak selalu demikian. Banyak jasa hosting yang menyediakan hosting murah khusus untuk website lokal, misalnya, sehingga Anda yang punya bisnis dengan orientasi lokal bisa memilih jasa hosting seperti ini. Atau, bisa juga Anda pilih jasa hosting yang cukup murah di awal, lalu ketika bisnis Anda berkembang, pindah ke hosting yang lebih mahal dan berkualitas.

Hosting yang agak mahal mengalihkan biaya mahal tersebut ke layanan seperti konsultasi, layanan konsumen, dukungan profesional, hosting yang tidak penuh sesak (bahkan bisa privat) serta layanan lebih bermutu. Dengan demikian, layanan platform website bisa lebih diandalkan dan Anda pun bisa yakin bahwa website Anda akan lebih stabil untuk mendukung bisnis dengan baik.


REFERENSI :

https://rohimahyati.wordpress.com/2010/05/21/pengertian-hosting/
http://www.contohartikel.jasapenulisanartikel.com/tips-memilih-hosting-yang-handal-dan-berkualitas/#more-1632

Tidak ada komentar:

Posting Komentar